Macron dan Angela Merkel Serukan Penghentian Serangan Turki di Suriah

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan penghentian serangan Turki terhadap Kurdi di Suriah utara. Mereka berdua memperingatkan akan bahaya kemanusiaan yang mengerikan bila serangan ke Suriah utara terus dilancarkan.

“Harapan bersama kami adalah serangan itu harus dihentikan,” kata Macron dalam jumpa pers bersama dengan Merkel, Minggu (13/10) waktu setempat, sebagaimana dilansir AFP, Senin (14/10/2019).

Merkel menyatakan dirinya sudah berbicara ke pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan selama sejam. Dia telah menyampaikan poin serupa.

“Kita harus mengakhiri invasi Turki,” ucap Merkel

“Ada alasan kemanusiaan yang mendasari seruan ini,” kata Merkel kepada wartawan seraya menambahkan bahwa situasi yang terjadi pada suku Kurdi tak lagi bisa diterima.

“Solusi lain harus ditemukan,” imbuhnya.

Serangan Turki ke kawasan Suriah utara sejak Rabu (9/10) pekan lalu telah menyasar Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Turki memandang pasukan Kurdi tersebut adalah teroris yang menyulut pemberontakan di Turki.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dituding abai terhadap sikap SDF yang merupakan sekutu loyalnya dalam pertempuran melawan ISIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *